Inilah Niat Puasa Ramadhan dan Waktu Membacanya

Memasuki bulan suci Ramadhan, umat muslim mulai dewasa hingga anak-anak wajib mengetahui niat puasa dan waktu yang tepat kapan membacanya. Karena Niat berpuasa ini menjadi keutamaan ketika memulai suatu ibadah termasuk ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Sumber gambar : pexels.com

Imam Nawari dalam Al-Majmu’, menjelaskan bahwa niat cukup dilafalkan dalam hati.

“Sesungguhnya niat dengan hati tanpa lisan sudah cukup”.

Lalu, apa bacaan niat puasa pada bulan Ramadhan dan waktu yang tepat membacanya? Adapun niat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

Bacaan latin: “Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta’ala”.

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala”.

Mengutip dari situs Kemenag RI, adapun waktu yang tepat membaca niat puasa bagi orang yang akan berpuasa yakni wajib untuk berniat semenjak malam harinya yaitu setelah matahari terbenam sampai terbitnya fajar subuh.Dan kewajiban berniat dari malam hari ini umum pada puasa wajib maupun puasa sunnah. Dan tidak dibenarkan berniat satu kali saja untuk satu bulan bahkan diharuskan berniat setiap malam. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah berikut:

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (Hadis Riwayat Abu Daud, at-Tirmidzi, an Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad).

Sesuai hadis tersebut, sangat jelas bahwa orang yang tidak membaca niat puasa fardhu di malam hari maka puasanya tidak sah.

Baca Juga : “Membaca Doa Buka Puasa, Sesudah Atau Sebelum Makan?

Demikian bacaan niat puasa dan waktu yang tepat membacanya. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang hendak menjalankan ibadah puasa.

Sumber : [suara.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *